Minggu, 21 Agustus 2011

Aktualita PMII



            PMII merupakan salah satu organisasi ekstra kampus yang ada di Indonesia. PMII tersebar di seluruh nusantara yang mempunyai struktur kepengurusan dari masing–masing Universitas, kabupaten, provinsi dan nasional. Dengan jaringan yang menusantara ini maka sudah pasti PMII merupakan organisasi yang besar. PMII adalah kepanjangan dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia yang mempunyai filosofi bahwa PMII merupakan suatu wadah bagi mahasiswa yang selalu berpikir aktif, terus belajar, dan bersifat dinamis sesuai tantangan jaman. PMII mempunyai frame kegamaan Islam ke-Indonesian yang mempunyai landasan Ahlussunah wal jma’ah sebagai Manhaj Al-Fikr atau kerangka berfikir yang mempunyai prinsif tawassuth (Moderat), tawazun (Keseimbangan), tasamuh ( toleransi ) dan  ta’adul (Keadilan).
            Secara historis PMII mempunyai usia setengah abad yang lahir pada tanggal 17 april 1960. Lahirnya PMII menjadi suatu kebutuhan untuk menjawab tantangan jaman sesuai dengan AD/ART BAB IV Pasal 4 adalah terbentuknya pribadi muslim Indonesia yang bertaqwa kepada Allah SWT, berbudi luhur, berilmu, cakap, dan bertanggung jawab dalam mengamalkan ilmunya dan komitmen memperjungkan cita-cita kemerdekaan Indonesia.

            PMII di purwokerto terdiri dari satu pengurus cabang dan tiga pengurus komisariat yaitu Komisariat Walisongo (STAIN), Komisariat Soedirman (UNSOED), dan Komisariat Dukuhwaluh (UMP). Khususnya PMII Dukuhwaluh sekarang telah menginjak usia satu dasawarsa, seiring menuanya usia maka PMII Komisariat Dukuhwaluh berkomitmen untuk mencetak kader-kader muda penerus bangsa yang cinta Indonesia berlandaskan ketaqwaan terhadap tuhan YME. Dalam perjalananya, PMII Komisariat Dukuhwaluh melakukan kegiatan-kegiatan yang bernilai positif sebagai salah satu bentuk implementasi nilai-nilai Ke-PMII-an yaitu dengan melakukan aksi-aksi sosial, menyelengarakan diskusi rutin, melakukan pengkayaan wacana, serta melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bernilai keagamaan secara mahdloh ataupun ghoiru magdloh.
            Salah satu kegiatan penting yang baru saja dilaksanakan satu bulan yang lalu oleh PMII Komisariat Dukuhwaluh merupakan proses regenerasi dalam strukturalnya. Dilantiknya pengurus baru PMII Komisariat Dukuhwaluh masa khidmat 2011 – 2012 menjadi titik awal pergerakan sahabat – sahabati untuk meningkatkan kualitas kader sesuai visi dan misi PMII dan melakukan transformasi wacana di kalangan kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Di tingkat fakultas, dilantik pula Agus Prasetyo sebagai ketua beserta jajaran pengurus PMII Rayon Siti Nafisah yang mempunyai ruang lingkup di FKIP ( Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ). PMII Rayon Siti Nafisah sebagai ujung tombak kaderisasi akan lebih mengarahkan pada wacana pendidikan dan instrument lain yang mendukung terbentuknya pribadi pendidik yang profesional.
            Abdul Mufid sebagai Ketua Umum PMII Komisariat Dukuhwaluh menyatakan bahwa kami ( pengurus ) akan memfasilitasi kader dengan beragam kegiatan untuk meningkatkan intelektual mereka dalam berbagai wacana. Kami juga akan lebih mempublikasikan PMII Komisariat Dukuhwaluh di kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto dengan menyelenggarakan kegiatan diskusi di lingkungan kampus dan juga menerbitkan buletin sebagai wahana aktualisasi pemikiran kader. Dua kegiatan ini diharap mampu membuat mahasiswa umum tertarik untuk berproses bersama PMII Komisariat Dukuhwaluh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

awiepzz nta komen.na